Rabu, 03 Juli 2013

Tips Mudah Membujuk Lawan Bicara Anda


          Memang tidak mudah agar pacar, sahabat atau rekan kerja mengikuti keinginan Anda. Apalagi kalau karakter Anda sama-sama keras, rasanya tidak mungkin salah satu dari Anda akan mengalah. Berikut ini Tips mudah membujuk lawan bicara Anda:


1. Tahan Diri. Anda sangat boleh tidak setuju 100% atau mengaggap pendapat orang lain mengada-ada. Tapi jangan langsung protes, diam saja terlebih dahulu. Biarkan mereka tahu kalau Anda bersedia mendengarkan. Salah satu alasan seseorang menolak untuk mengubah pandangannya, biasanya karena pendapat mereka selalu dilawan. Dengan berada di sisinya, Anda mendapatkan nilai positif di mata mereka.


2. Menangkan Mereka. Mengerti terlebih dahulu sudut pandang mereka. Untuk sementara, jalan pikiran Anda tidak penting. Pahami apa yang menjadi ketakutan mereka, dana cari jalan keluar untuk membantu mengatasi hal tersebut. Keuntungan sebenarnya adalah Anda jadi menghargai pendapat mereka, sehingga mereka pun akan lebih terbuka dengan pendapat Anda.


3. Bukan Pepesan Kosong. Menjanjikan sejumlah harapan yang terlalu besar, seringkali justru membuat orang tidak percaya dengan Anda. Apalagi jika nantinya terbukti Anda tidak bisa memberikan janji tersebut, mereka akan semakin sulit Anda jangkau. Sedikit bumbu manis memang perlu untuk membujuk mereka, tapi harus serealistis mungkin.


4. Sabar. Semua hal membutuhkan proses, termasuk mengajak orang lain untuk menyetujui Anda. beri mereka waktu untuk mencerna dan beradaptasi dengan ‘penawaran’ Anda. Memaksa mereka menarik diri dan berantipati pada Anda? Sangat rugi! Satu lagi keuntungan jika Andabersedia bersabar adalah mereka akan merasa diberi kebebasan untuk memilih. Tunggu saja, selama yang Anda tawarkan itu memang ‘oke’ dan positif, pasti dia kan setuju dengan Anda.


5. Waktu Tepat. Minta mereka mengikuti keinginan Anda saat marah atau kesal gara-gara habis dimarahi atasan atau lapar pastinya akan menylitkan Anda sendiri. Yang ada Anda akan ditolak habis-habisan. Untuk itu, pintar-pintarlah, membaca mood dan jadwal teman yang akan Anda bujuk agar tidak harus ‘kerja dua kali’.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar